Pages

Kamis, 17 Maret 2011

Mengayuh Demi Kesehatan

Hai agan.. karena saya doyan gowes,saya mau share dikit nih tips sehat bersepeda. Jadi jangan asal langsung gowes, lenturkan sebentar otot2 agan sebelum genjot tuh onthel.hehehe..
dalam bersepeda,lakukan pemanasan dahulu,khususnya otot tubuh bagian bawah seperti pinggul, betis, dan otot paha. Lalu kayuh sepeda secara perlahan minimal di 10 menit awal. Lakukan pendinginan juga setelah bersepeda.



nahh..kemudian kayuh tuh sepedanya secara perlahan,jangan ngebut2 dulu. sesuiakan gear sepeda dengan medan jalan yg dilewati. Bersepeda sangat baik buat meningkatkan kebugaran. Bersepeda minimal satu jam sehari, maka sebanyak 500 kalori bisa diuapkan lewat keringat. Paling tidak dengan kecepatan 20 kilometer per jam seseorang bisa membakar gula dalam darah




kalo dengkul dah dah siap,silahkan agan ngebut deh.
Bersepeda memang sedang tren di beberapa kota besar di Indonesia. Di website Bike To Work (B2W), tercatat sekitar 10 ribu orang jadi anggotanya. Jika terus digalakkan, pengguna sepeda di Nusantara bisa seperti di Jepang, Inggris, dan Belanda, yang memiliki jalur sepeda sendiri. Di Indonesia yg sudah memiliki jalur sepeda ada dikota Yogyakarta dan Bandung.
petunjuk jalur sepeda diJogja
Bersepeda berguna melatih otot jantung menjadi kuat. Semakin kuat jantung, semakin seseorang tidak cepat lelah.

Jantung yang kuat adalah yang memiliki denyut nadi rendah. Sekali kontraksi, daya pompanya bisa mengedarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Jadi asupan oksigen di otak tercukupi dan badan terasa fit seharian. Denyut nadi normalnya 60 kali per menit. Kalau atlet sepeda bisa 30 kali per menit.

Jantung yang lancar menyuplai oksigen ke otot membuat kadar kolesterol dan tekanan darah menurun ke titik sehat. Selain itu, Hario melihat, melintasi jalur-jalur hijau nan sejuk dan berpemandangan menarik dengan sepeda adalah salah satu cara relaksasi sehingga meningkatkan hormon endorfin yang mencairkan emosi dari rasa penat seusai bekerja.



capeekk boo'..!
Namun, untuk mendapat manfaat bersepeda, pengendara perlu mengetahui juga cara sehatnya. Misalnya, usahakan jangan bersepeda dengan memakai celana span atau celana ketat karena bisa membuat buah testis tertekan dan tidak bisa bernapas dengan nyaman. Hal ini bisa mengganggu sistem reproduksi.

Pakailah kelengkapan keamanan bersepeda sebagaimana mestinya, seperti helm, masker, kacamata, dan sarung tangan. oiya,kalo di Jakarta disarankan pake masker, soalnya sama aja boong badan kita sehat karena gerak tapi paru2 kita rusak gara2 nghirup asap terutama asap Metromini ma bajai yang dah kaya cumi2 itu,hehee..


Jika pinggul masih miring ke kanan dan kiri saat mengayuh, artinya posisi sadel masih belum sesuai. Ketidaksesuaian itu akan membuat otot punggung mengalami cedera. Ukur agar tinggi setang dan sadel sejajar, jangan terlalu membungkuk ke depan atau ke belakang. Sadel yang tinggi bisa membuat saluran kencing di dekat anus tergesek. Kemungkinan terburuknya bisa menyebabkan kencing berdarah.hii...

Dalam jangka panjang pengendara sepeda bakal memiliki badan fit dan tidak mudah lemas. Mereka terhindar dari dampak buruk seperti orang yang jarang bergerak atau hipokinesia, misalnya hipertensi, diabetes melitus, gangguan kardiovaskular, ataupun obesitas. Tuhh..mantab kan,murah dan sehat.





Ayo juragan.. kurangin ng-Gas banyakin ng-Genjot untuk menjadi generasi yang sehat ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 MAZARIQ. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates WP by Wpthemescreator